Blog Archive

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Kzie. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

kisi-kisi ukk produktif tkj 2o12/2013, prediksi uan teori produktif tkj 2013, modul tkj,rpp,silabus,simulasi, mikrotik,router,hdcp,firewall,blok situs porno, dns server,uan smk,soal uan 2009/2010, prediksi uan 2010/2011,menghitung ip host,menghitung ip broadcast,kisi-kisi uan 2010/2011,setting dhcp di mikrotik,mengganti login hotspot mikrotik,setting hotspot mikrotik, kisi-kisi produktif tkj 2013

Router+Proxy pfsense kawin sama Mirkotik, patut dicoba!!!


Sudah lama sich pingin mengganti proxy lama yang sudah gak karuan polanya, saran temen2 sih pfsense yang masih dipayungi freeBSD gak perlu diragukan lagi deh kehandalannya freBSD stabil. Penasaran aku coba dengan topologi seperti ini;






-->--speda--->pfsense--->mikrotik
----------------------------------------|---|
-------------------------------hotspot-local


Ip speda : 192.168.1.1/24
Ip pfSense: 192.168.10.1/24
Ip Mikrotik:192.168.100.1/24

Langkah-Langkah Instalasinya:
Unduh dulu pfsense disini
  1. Boot ke cd
  2. Siapkan alat tempur kamu, kopi susu+camilan seadanya yg penting gak bayar
  3. Pastikan komputer kamu sudah terpasang 2 NIC
  4. Atur booting awal ke cdrom
  5. Hingga muncul logo FreeBSD (Welcome to FreeBSD)
  6. Biarkan saja dia jalan-jalan hingga ke "termilanya"... anda akan banyak jumpai makhluk aneh2.
  7. Bila muncul pertanyaan "Do you want set up VLANs now? n saja, dan anda perhatikan juga diatasnya ada 2 MAC address dari dua NIC anda tulis identitas dari NIC tersebut (exp. le0,le1)
  8. Selanjutnya muncul "Enter the LAN...." : isikan le0 (sesuaikan)
  9. Selanjutnya muncul "Enter the WAN...." : isikan le1 (sesuaikan)...sukses...
  10. Do you to proceed [y/n]? y saja
  11. Saatnya kopi+susu diminum...sruuuuuppp
  12. AKhirnya pfSense console setup hadir dihadapan anda, pilih no. 2 (set LAN IP address)
  13. Enter the new LAN IP: 192.168.10.1
  14. Enter the new LAN subnet bit count: 24
  15. ......DHCP:y
  16. ......address rang: 192.168.10.5
  17. ....end adderss....range: 192.168.10.254
  18. Lagi lagi pilih no 99-Install pfSense (pfSense console setup)
  19. Saatnya masuk layar biru...
  20. Pilih <1:1.99g...>
  21. Partisi / dan swap muncul...:)
  22. Pilih kernel...sesuikan processor anda P4
  23. Pilih and.....
  24. Saatnya koneksi dan setting lewat web Brower kesayangan anda
  25. Ketik IP LAN 192.168.10.1 di address browser;
  26. ...user: admin password : pfsense
  27. Saat pertama setup seperlunya sesuai dengan kondisi jaringan anda
  28. PASTIKAN KABEL INTERNET SUDAH KONEK KE PF ANDA YA... SOALNYA MAU install SQUIDNYA
  29. KONFIGURASI IP WAN: Pastikan Klik Interface > WAN:isikann IP dari modem pake 192.168.1.2 Gateway 192.168.1.1 sudah terpasang
  30. coba browser ke google.com sudah sip. belum...! cek IP anda sudah lengkap belum gateway dan dnsnya..
  31. Saatnya Install SQUID....nah ini harus online karena paket diambil dari internet, klik System > Packages : pilih squid, dibawah sendiri. [JANGAN SQUID3] klik tanda plus dikanannya
  32. Saatnya minum kopi+susunya lagi....tunggu agak lama download+ekstaksnya...
  33. Seteleh selesai lihat di > Status > Service partikan Squid sudahh running
  34. Sedikit setting masuk ke Service > Proxy Server > General Akifkan
- Transparent proxy #agar client dibelangnya langsung masuk ke proxy gak perlu diarahkan dibrowsernya
- Enable logging
- Disable X-FOrward
- Disble VIA
- Surpress Squid version
SAVE
Masuk ke tab Cache Mgmnt, tambahkan ;
- Hard disk cache size 15000
- Maximum objeck size 140000
SAVE
  1. Apabila anda ingin meremote server dari jauh aktifkan portnya, masuk ke System > Advanced : Centang Enable Secure Shell > SAVE
  2. Mau LIHAT APAKAH AKSES SQUID SUDAH MEREKAM SAAT ADA KONEKSI DARI LAN...
  3. Masuk ke komputer server pfsense ato kamu remote saja dengan putty, pilih 8 (Shell)
  4. ketik # tail -f /var/squid/logs/access.log ....> jika sudah mucul url yang jalan maka squid kita sukses
5. ketik # tail -f /var/squid/logs/cache.log ----> untuk melihat cache.

THE END.....SILAHKAN DICOBA SEMOGA BERHASIL



Artikel Terkait:

1 komentar:

gchangetok mengatakan...

tukar link dong om,,
http://gchangetok.blogspot.com/
gchangetok

Poskan Komentar

Berlangganan Artikel

Mau Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

Anda pengujung


Buku Office Best Seller